Yuda Pernanda

Minggu, April 27, 2014

Entrepreneurship

Indonesia mempunyai kekayaan alam yang luar biasa melimpah, tanah yang subur membuat Indonesia mampu untuk bersaing dengan negara maju lain... thumbnail 1 summary
Indonesia mempunyai kekayaan alam yang luar biasa melimpah, tanah yang subur membuat Indonesia mampu untuk bersaing dengan negara maju lainnya. Namun kekayaan yang melimpah itu belum bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Pengelolaan sumber daya alam ini masih dilakukan oleh perusahaan besar, yang warga Indonesia lebih memilih bekerja di perusahaan yang sudah berdiri.

Untuk mengelola sendiri sumber daya alam butuh keterampilan, kreatifitas, jiwa entrepreneurship yang mumpuni. Produk produk yang dihasilkan sebaiknya berorientasi kebutuhan sehari hari. Pemasarannya pun bisa lebih bagus dijual keluar negeri. Dengan begitu, selain produk tersebut dihargai tinggi. Pemerintah mendapatkan pendapatan dari devisa.

"Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina". Peribahasa tersebut bukanlah tanpa makna. Jika kita kaitkan peribahasa tersebut dengan bidang ekonomi. Maka kita mampu mempelajari arti peribahasa itu. Yang kita ketahui, aktivitas orang Cina sebagian besar berprofesi sebagai pedagang yang menyebar di seluruh dunia. Begitu juga dengan produk produk mereka yang ada di seluruh dunia. Cina memang tidak menjual dengan kualitas kelas atas. Namun dengan harga yang murah, produk mereka diminati bagi kalangan ekonomi kelas menengah kebawah.

Dahulu, dengan kondisi ekonomi dunia yang stabil. Produk dengan berlabel mewah, menjadi tren untuk dimiliki. Namun, seiring berjalannya waktu. Ekonomi dunia berguncang karena jumlah penduduk semakin banyak namun tidak diiringi pemenuhan kebutuhan hidup yang banyak pula. Ini berkaitan dengan harga produk yang semakin tinggi. Ketika ekonomi dunia sedang mengalami krisis, produk - produk yang berkarakter fungsional lebih disukai karena harganya terjangkau. Diluar gunjingan terhadap produk Cina, tetap saja produk negara tersebut banyak peminatnya.

Karakter orang Indonesia itu cerdas, kreatif dan ulet. Itu adalah kriteria yang sangat mumpuni untuk menjadi entrepreneur yang handal. Ada banyak barang barang buatan tangan anak Indonesia yang sangat pantas jika di ekspor. Dengan adanya peningkatan ekspor terhadap produk produk Indonesia, nilai tukar rupiah akan menguat dan perekonomian Indonesia secara keseluruhan akan meningkat.

Paradigma yang mengatakan bahwa entrepreneur bukan kaum pemikir adalah kekeliruan, karena para entrepreneur mampu mengenali situasi di lapangan langsung dan membuat produk baru yang mempunyai nilai jual. Dengan kematangan kemampuan memasarkan dan mengelola uang sendiri, entepreneur menjadi pemimpin dirinya sendiri.

Jika produk buatan Indonesia sudah mampu bersaing dengan produk Cina atau mampu melebihi penjualannya. Perekonomian Indonesia akan stabil seperti perekonomian Cina saat ini.