Yuda Pernanda

Selasa, April 03, 2012

Suara Indonesia Sampai ke Kuping Anak

Musik, bisa dikatakan adalah alunan suara indah dinamis yang tercipta dengan gesekan-gesekan jiwa yang menuntunnya. Lirik adalah bahasa yan... thumbnail 1 summary
Musik, bisa dikatakan adalah alunan suara indah dinamis yang tercipta dengan gesekan-gesekan jiwa yang menuntunnya. Lirik adalah bahasa yang mengiring perasaan penciptanya. Dengan keduanya, akan menciptakan lagu. Orang menyebut sebuah lagu itu bagus ketika dia merasakan apa yang dirasakan pembuat lagu tersebut atau lagu tersebut mewakili apa yang dirasa pendengarnya. Jadi tidak ada lagu jelek, karena lagu bagus adalah relatif sesuai dengan selera pendengarnya.

Namun seiring perkembangan jaman, musik saat ini sudah menjadi industri dimana lagu disebar dan diperjualbelikan untuk meraup keuntungan sudah tidak memiliki filter atas kebebasan berekspresi terhadap lirik lagu. Kata - kata yang sebenarnya adalah aib dan tak perlu diumbar dan disebarluaskan malah dijadikan bahan komersil. Sungguh miris ketika lagu tersebut booming dan menjadi lelucon di masyarakat luas.

Sudah menjadi hal yang serius jika yang mendengarnya adalah anak-anak. Di usia yang masih dalam masa perkembangan dan mengenal hal-hal baru, sangat tidak baik bila yang dia dengar adalah kata-kata yang belum pantas mereka dengar di usia mereka. Lebih jauh jika anak sudah terlanjur mendengar kata-kata yang belum pantas tersebut maka anak akan mencari tahu apa arti dari kata-kata yang didengarnya.

Lagi-lagi peran pemerintah Indonesia untuk memberikan perhatian atas penggunaan lirik yang tidak sepantasnya disebarluaskan karena dampaknya adalah psikologi anak yang terganggu. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM. Karena anak-anak Indonesia adalah penerus Bangsa.

Indonesia memang negara memang manganut sistem Demokrasi yang membebaskan masyarakatnya berbicara, namun penggunaan kata-kata yang tidak pantas khususnya dalam industri musik perlu diperhatikan. Rumah-rumah produksi musik sebaiknya memfilter lirik - lirik yang kurang baik jika didengar anak kecil.

Dan yang paling penting adalah kepedulian orangtua terhadap perkembangan anak-anaknya. Orangtualah yang setiap hari berinteraksi dan menanamkan pendidikan terhadap anaknya. Orangtua juga yang hal yang baik atau tidak untuk anaknya. Akan terjadi kerjasama secara tidak langsung dari pemerintah, rumah produksi musik, pembuat lagu, dan orangtua untuk mencegah perkembangan yang tidak baik dari anak.


1 komentar

Komen Disini yaah