Yuda Pernanda

Jumat, Desember 23, 2011

Eksplorasi Banten

Sudah sebelas tahun Banten berdiri sendiri sebagai provinsi setelah lepas dari provinsi Jawa Barat. Sebagai wong Banten yang sudah hidup sel... thumbnail 1 summary
Sudah sebelas tahun Banten berdiri sendiri sebagai provinsi setelah lepas dari provinsi Jawa Barat. Sebagai wong Banten yang sudah hidup selama dua puluh tiga tahun di provinsi kite keh. Dari segi kesenian dan budaya, Banten belum mempromosikan secara maksimal kepada khalayak luas. Jangan sampai masyarakat Banten sendiri hanya mengetahui debus sebagai satu satunya seni budaya Banten. Padahal banyak sekali seni budaya Banten yang belum terpublikasi secara luas.

Kesenian yang paling tersohor dari provinsi Banten adalah debus. Dalam pertunjukan debus, pemain akan disakiti dengan berbagai benda tajam yang sangat berbahaya namun tubuh pemain tidak terluka sedikitpun. Dengan ritual yang dilakukan pemain sebelum melakukan pertunjukan menjadi menarik untuk dilihat.

Bendrong Lesung adalah kesenian tradisional masyarakat Cilegon-Banten yang mengungkapkan kebahagiaan atas hasil jerih payah masyarakat terhadap panen raya.

Melalui lomba blog ini saya ingin menyampaikan keinginan saya sebagai wong Banten agar para pejabat di Banten lebih memperhatikan seni budaya disini agar seluruh masyarakat Indonesia mengetahui bagaimana indah dan banyak ragamnya seni dan budaya Banten. Dengan begitu, bukan hanya seni dan budaya yang terjaga kelestariannya tapi juga mendapat keuntungan dari pendapatan pariwisata. 

Dengan menggelar pesta rakyat rutin, contoh tiga minggu sekali seperti pergelaran seni debus, rampag bedug, bendrong lesung, rudat di tiap daerah bergantian ketika hari besar Banten atau saat weekend tiba. Pergelaran dilakukan dijalan utama sehingga para warga dan turis melihat langsung bagaimana pergelaran seni tersebut.

Maksud dari kegiatan ini adalah menjadikan seni dan budaya Banten pemersatu masyarakat itu sendiri, jadi mereka mempunyai pemicu untuk saling berinteraksi, berkreasi, dan sebagai penyalur aspirasi terhadap seni dan budaya. Kegiatan ini juga berguna untuk semangat nasionalisme masyarakat Indonesia khususnya Banten. Jika kegiatan ini berhasil, semoga kedepannya akan ada kegiatan serupa di provinsi lain yang mengusung seni dan budaya khas provinsi masing masing.


Dari Blogger Untuk 
Banten