Yuda Pernanda

Jumat, Desember 09, 2011

Membuat Slogan Menjadi Kenyataan

  SEANDAINYA SAYA MENJADI ANGGOTA DPD RI Saya akan memastikan dulu daerah saya menjadi daerah yang bersih dan sehat dari sampah. Semua oran... thumbnail 1 summary

Saya akan memastikan dulu daerah saya menjadi daerah yang bersih dan sehat dari sampah. Semua orang tahu bahwa kebersihan sangat penting untuk menunjang kesehatan. Namun pada kenyataannya sekedar tahu saja tidak cukup, kita harus menyadari dan menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Sampah menjadi hal yang bertolak belakang dari kebersihan itu sendiri. Masih banyak sampah berserakan, padahal tempat sampah sudah tersebar dimana mana. Slogan buanglah sampah pada tempatnya saat ini seakan hanya menjadi sebuah slogan semata. Tak heran berbagai jenis penyakit baru bermunculan, itu tak lepas dari gaya hidup masyarakat yang 'jorok'.

Sampah dijalan utama cermin ketidakpedulian masyarakat terhadap kebersihan (sumber : google)

Sampah yang menggunung (sumber : google)
Pencemaran air (sumber : google)
Sungai yang tercemar (sumber : google)


Membuat event kebersihan yang di pimpin Walikota daerah masing-masing yang disosialisasikan ke kecamatan lalu ke lurah dan terakhir ke RT. Dengan merebutkan piala bergilir sebagai simbol bergengsi dari daerah tertentu yang memenangkan lomba. 

Dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk membersihkan sampah di jalan, pembuangan air, dll. Kegiatan ini bisa digabungkan dengan jalan santai dengan tiap peserta disediakan atau membawa alat bersih sendiri. Event dilakukan secara rutin tiap tiga minggu sekali pada hari sabtu atau minggu. Buat masyarakat tergerak untuk ikut membersihkan daerah mereka sendiri. Dengan kegiatan rutin seperti itu, menanamkan kepada anak usia dini pentingnya kebersihan. 




Contoh Kepedulian anak (sumber : Google)

Kaitkan penghargaan kebersihan ini dengan gengsi pemimpin-pemimpin didaerah. Pemimpin yang tidak bisa memastikan daerahnya bebas dari sampah bisa dicap sebagai pemimpin yang jorok. Event ini juga bisa mempererat pemimpin daerah dengan rakyatnya. Jadi, tiap provinsi mempunyai daerah unggul dalam kebersihan. Ketika sudah bersih, beri denda kepada toko, pemukiman, tempat wisata yang tak bisa menjaga kebersihan daerahnya. 


Untuk menjaga agar kota tetap bersih, maksimalkan keberadaan anak jalanan untuk mengumpulkan sampah yang mereka temui di jalan utama dan beri upah yang dikonstrol petugas kebersihan. Itu berguna untuk mengurangi sampah di jalan utama.


Indahnya jalan yang bebas sampah (sumber : google)



Event ini harus rutin dilakukan agar masyarakat menjadi terbiasa dengan menjaga kebersihan lingkungan. Aspek wisata pun akan terangkat jika lingkungan bersih. Dengan hidup bersih kesehatan adalah jaminannya dan bagi pemerintah, bisa menekan anggaran kesehatan masyarakat dan anggarannya bisa dialokasikan ke aspek yang lain. 


Kebersihan diri sendiri, lingkungan merupakan modal awal kita untuk beraktivitas dan berinteraksi dengan sesama dan juga alam. Rasa Nasionalisme pun akan lebih terasa karena sudah tertanam rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungannya.

Rasa kekeluargaan juga pasti tertanam dalam hati masyarakat karena mereka sering berinteraksi antar sesama. Suatu daerah yang bersih-sehat mencerminkan jiwa yang bersih-sehat dari masyarakat daerah tersebut. 


Senyum yang terpancar dari jiwa yang sehat-bersih (sumber : google)


Hijau dan bersih (sumber : google)
Slogan baru saya untuk kebersihan lingkungan : 'Indahnya jika bersama, Bersama kita indahkan Indonesia'.